Minggu, 09 Oktober 2011 - 0 komentar

Golden Year 50th SMANSA

“Dua orang pemuda terlihat sedang berjalan bersama, mereka adalah Ishak dan Doni, sepertinya mereka terlibat pembicaraan serius karena berkali-kali tangan Ishak bergerak-gerak seperti sedang menjelaskan sesuatu. Ternyata Ishak sedang membicarakan tentang acara ulang tahun adiknya serta kesibukanyang rela dilakukan oleh Ishak karena ia sangat sayang pada adiknya tersebut.”
Ilustrasi di atas menunjukkan kerelaan seorang kakak yang sibuk untuk mempersiapkan perayaan ulang tahun untuk adiknya karena ia sangat menyayangi adiknya tersebut. Hal yang sama pun terjadi di lingkungan SMA Negeri 1 Kota Sukabumi yang hampir setiap minggu menelurkan prestasi, utuk mengharumkan nama sekolah dan daerah. Sekilas perayaan ulang tahun sekolah cenderung di sebut melakukan pemborosan dengan melakukan perayaan hari ulang tahun yang diadakan secara besar-besaran, padahal itu merupakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa seyogianya SMA Negeri 1 telah berdiri selama 50 tahun dan meraih berbagai prestasi yang membanggakan.
Namun, sebelum membahas hal tersebut mari kita tinjau kembali definisi sekolah terlebih dahulu. Sekolah adalah bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Memang benar bahwa tanpa belajar di sekolah pun kita dapat belajar secara otodidak di luar sekolah mampu membuat kita pintar dan cerdas.
Sekolah mempunyai peranan tersendiri dalam kehidupan manusia, khususnya dalam bidang pendidikan, di sekolah kita tidak hanya belajar berbagai mata pelajaran tetapi juga di didik mental, moral, dan perilaku kita agar bisa menjadi siswa yang mempunyai “karakter” dan berprestasi. Sekolah juga memberikan manusia kesempatan bersosialisasi, mencari jati diri, dan menggali potensi diri untuk masa depan yang lebih baik.
Adapun Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Sukabumi yang akan merayakan ulang tahun yang ke lima puluh (50) tahun atau lazim di sebut The Golden Year ini telah menghasilkan puluhan bahkan ratusan penghargaan, baik di tingkat Kota/Kabupaten, tingkat Wilayah II Bogor, tingkat provinsi maupun tingkat nasional dan internasional. Berbagai penghargaan dan kejuaraan yang di raih oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Kota Sukabumi seakan hadiah untuk Tahun Emas ini.
Sejarah singkat SMA Negeri 1 Kota Sukabumi
Sekitar tahun 1961, disaat kehidupan Kota Sukabumi belum seramai dan sepadat saat ini, kebutuhuan pendidikan setingkat SMA sudah dirasa mendesak, lahirlah sebuah Sekolah Menengah Atas, berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda.
Berbekal 4 ruang belajar, 1 ruang guru, 1 ruang TU di bawah pimpinan  Drs. Yona Eka Atmadja, SMA Uncal melangkah dengan tekad pasti menyongsong masa depan, mengantarkan para siswanya dalam meraih cita-cita untuk membangun diri, keluarga, bangsa dan negaranya yang diresmikan pada tanggal 8 Agustus 1961.
SMA 1 pada saat itu lebih terkenal dengan sebutan SMA UNCAL, karena dibangun di atas tanah lapang yang sebelumnya menjadi komunitas uncal atau rusa.

Dengan bimbingan para guru , yaitu :

1.      Drs. Jamhur (alm)
2.      Drs. Moh. Sobandi
3.      Dra. Siti Rukasanah  
4.      Nunu Yunus, BA
5.      Drs. Oman          
6.      Drs. Ma’ud
7.      Ato Sadikin          
8.      Drs. Sulaeman M
9.      Drs. Tatang B (alm)
10.   Drs. Tata
11.   Drs. Fahmi
12.   Drs. Emed (alm)
13.   Rd Sule Sukanegara
14.   Drs. Hidayat
15.   Drs. Susilo Dj
16.   Drs. Basoni W (alm)
17.   Drs. H. Suardi
18.   Drs. Djupri

Merespon minat masyarakat yang semakin tinngi untuk memperoleh pendidikan, dibangunlah SMAN 1 melalui CV. Haruman (Iji Hartaji), di jalan Otista 186 sekarang RH. Didi Sukardi yang berada di daerah Baros, Kota Sukabumi. Telah terjadi beberapa penggantian kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi :

1.      R. Yona Ekaatmaja (1961-1965)
2.      R. Muhtar (1965-1970)
3.      Drs. H.A. Riswaya (1970-1980)
4.      Drs. Wijaya Kusumah (1980-1989)
5.      Moch. Sobandi (1986-1989)
6.      Drs. I. Lili Suriatmana (1989-1992)
7.      Dra. Hj. Entin Sumartini (1992-1996)
8.      Drs. H. Vredi Kastam Marta, MBA (1996-2002)
9.      Drs. Pipid Hudaya, M.Si (2002-2007)
10.  Drs. H. Tatang Asep Mukharam M.Pd (2007-sekarang)

Meski telah terjadi beberapa penggantian kepala sekolah, meluluskan ribuan siswa dan meraih ratusan prestasi SMA Negeri 1 dengan semangat Tahun Emas dan tema “Bangkit dan mengabdi menuju prestasi Emas” serta tetap berusaha menjadi yang terdepan dalam prestasi dan sebagai The Leading School di Kota Sukabumi.

SMA Negeri 1
The Leading School

Biografi Penulis

Penulis adalah salah satu siswa SMA Negeri 1 kelas X BI 1 yang merupakan anggota ekskur HP3 divisi Sastra, suka bela diri, ngoprek mentahan desain grafis di PC, untuk CP dan ngobrol silakan hubungi saya di FB: Viny Alfiyah atau di pos-el alfi.inc96@gmail.com
Ditunggu,ya !!!

0 komentar:

Posting Komentar